Keindahan Destinasi Wisata Karimun Jawa yang Eksotis dan Mempesona

Keindahan Destinasi Wisata Karimun Jawa yang Eksotis dan Mempesona

Pulau Karimunjawa, Jepara, Indonesia

Karimunjawa merupakan objek wisata kepulauan yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Karimunjawa, tempat ini terletak di Laut Jawa dan masuk dalam kawasan Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Destinasi wisata yang satu ini terdiri dari daratan dan lautan dengan luas daratannya sekitar 1.500 hektar dan luas perairannya sekitar 110.000 hektar. Perkembangan wisata karimunjawa sangatlah pesat, sampai sekarang wisata Karimunjawa banyak digemari oleh wisatawan domestik hingga mancanegara. Kepulauan Karimunjawa merupakan surga dari para penyelam (diver).

Kepulauan Karimunjawa juga memiliki beberapa julukan salah satunya adalah Paradise of Java karena Karimunjawa memiliki daerah yang masih asri. Selain itu, kepulauan Karimunjawa juga dibatasi dengan pantai pasir putih halus. Karimunjawa menjadi salah satu pesona wisata taman laut di Jawa. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu dari berjuta pesona wisata Indonesia yang wajib kamu kunjungi.

Coral Reef, Pulau Menjangan Kecil
Untuk mencapai destinasi wisata Karimunjawa tidaklah sulit, hanya memakan waktu sekitar 4 sampai 5 jam dari pelabuhan Kartini Jepara lalu menumpangi Kapal KMP Siginjai dan 2 sampai 3 jam dengan Kapal Express Bahari. Dilihat dari letak geografis Karimunjawa terletak di Laut Utara, utara Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau, pulau-pulau yang berpenghuni berjumlah 5 pulau sedangkan pulau yang lainnya belum berpenghuni.

Keindahan terumbu karang serta ikan berwarna-warni di dalam laut akan menjadi daya tarik untuk bermain-main di dalam air. Air laut di Karimunjawa sangat jernih dan bening, sehingga Anda bisa melihat dasar laut dengan jelas dari atas kapal wisata. Pantai-pantai di Karimunjawa sebagian besar berpasir putih, oleh karena itu cocok untuk kegiatan berjemur, menyelam dan memancing, bulan madu atau hanya sekedar liburan. Keistimewaan lainnya dari kepulauan ini adalah tumbuhan Dewandaru yang hanya terdapat di kepulauan ini dan tidak ada di tempat lain. Tumbuhan ini menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.


Karimunjawa sangat cocok di jadikan liburan setelah berbulan-bulan disibukkan oleh pekerjaan, sehingga Karimunjawa bisa menyegarkan pikiran. Di Karimunjawa seakan liburan sepanjang waktu, dikarenakan alamnya yang indah nan eksotis. Wisata Industri Kreatif merupakan salah satu destinasi wisata di kepulauan Karimunjawa yang wajib Anda kunjungi apabila kita berada di kepulauan Karimunjawa, karena wisata industri kreatif di pulau Karimunjawa menawarkan berbagai produk kerajinan yang khas dan hanya ada di pulau Karimunjawa untuk buah tangan/ oleh oleh khas kepulauan Karimunjawa dengan harga yang cukup murah.

Kebanyakan orang yang berkunjung ke Karimunjawa untuk menikmati keindahan pantai, laut dan baharinya. Pengunjung biasanya sering menghabiskan waktunya berscuba diving, snorkeling, berenang, memancing, bermain pasir dan menikmati keindahan sunset.

Komentar

Logo Javatripedia

Javatripedia. Informasi dan Layanan paket dan transportasti wisata untuk seluruh destinasi alam dan kota di pulau Jawa.

Javatripedia juga menyediakan paket wisata gabungan atau open trip secara rutin terlaksana tanpa minimal kuota.

  0822-3034-7688
  javatripedia@gmail.com

Java Popular

Javatripedia Gallery

Informasi Wisata